Friday, November 8, 2019

Sistem Informasi Manajemen


Dosen : Dr. Enny Radjab, M. AB.
Mata Kuliah : Sistem Informasi Manajemen


TUGAS INDIVIDUAL





OLEH :

NAMA          : EKSANTI RAHMI RAMADHANI
NIM              : 452 15 002
KELAS         : 3A D4 ADM. BISNIS
               


PROGRAM STUDI D4 ADMINISTRASI BISNIS
JURUSAN ADMINISTRASI NIAGA
POLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG
2017/2018








1.    Bagaimanakah Anda memandang masing-masing komponen kunci Sistem Informasi dan Sistem Informasi secara kesatuan sebagai suatu sistem fisik ataukah sistem abstrak/ virtual, juga apakah sebagai sistem tertutup ataukah terbuka? Sebutkan beberapa contoh hasil penerapan Sistem Informasi !
Jawab :
Menurut saya, Komponen Sistem Informasi terdiri dari input, proses, output, teknologi, basis data, dan pengendalian. Dan ini sangat berkaitan satu sama lain dan sangat berkesinambungan, serta berurut dalam berproses.

Sistem abstrak (abstract system) adalah sistem yang berisi gagasan atau konsep, misalnya sistem teologi yang berisi gagasan tentang hubungan manusia dan tuhan. Sedangkan sistem fisik (physical system) adalah sistem yang secara fisik dapat dilihat, misalnya sistem komputer, sistem sekolah, sistem akuntansi dan sistem transportasi. Sistem tertutup (closed system) adalah sistem yang tidak bertukar materi, informasi, atau energi dengan lingkungan, dengan kata lain sistem ini tidak berinteraksi dan tidak dipengaruhi oleh lingkungan, misalnya reaksi kimia dalam tabung yang terisolasi. Sedangkan sistem terbuka (open system) adalah sistem yang berhubungan dengan lingkungan dan dipengaruhi oleh lingkungan, misalnya sistem perusahaan dagang. Dari pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa sistem informasi secara kesatuan sebagai suatu sistem fisik dan merupakan sistem terbuka.
Beberapa pengguna SIM dan contoh penggunaannya dapat dilihat sebagai berikut:
1.    Manajer tingkat bawah, untuk mendapatkan data operasi, membantu penyusunan jadwal, mengetahui situasi yang tidak terkendali, dan mengambil keputusan.
2.    Staf ahli, untuk mendapatkan informasi bagi analisisnya, membantu menganalisisnya, dan membuat perencanaan dan pelaporan.
3.    Pemasaran. Contoh: ramalan penjualan, perencanaan penjualan, analisa pelanggan dan penjualan.
4.    Produksi. Contoh: perencanaan dan penjadwalan produksi, pengendalian biaya, analisis biaya.
5.    Personalia. Contoh: perencanaan kebutuhan personalia, penganalisa prestasi, administrasi gaji. 
6.    Keuangan dan Akuntansi. Contoh: analisa keuangan, analisis biaya, perencanaan kebutuhan modal, perhitungan pendapatan.

2.    Sistem Informasi sangat penting untuk ditangani oleh ahli komputer. Setujukah Anda? Jelaskan alasan pernyataan Anda?
Jawab :
Pemanfaatan sistem informasi adalah bagaimana cara kita untuk menggunakan atau memanfaatkan penggunaan teknologi informasi yang sudah tersedia melalui sistem-sistem yang canggih, dimana sesuai dengan namanya sistem informasi ini mengandung informasi-informasi yang penting bagi manusia dalam berbagai aspek (tergantung informasi yang terkandung dalam sebuah sistem, misalnya informasi kesehatan, keuangan, dsb). Dengan adanya sistem informasi, maka akan mempermudah penyaluran, penyebaran informasi sesuai kebutuhan manusia.
Sistem informasi harus ditangani oleh ahli komputer, merupakan hal yang benar. Saya setuju, mengapa ? karena seperti yang kita ketahui, informasi sangatlah penting bagi manusia, jadi yang menanganinya juga harus orang-orang yang ahli, tidak semata-mata tahu informasi, namun juga memiliki pengetahuan yang baik, sehingga mampu menjaga kestabilitasan, ketepatan informasi tersebut, dan memastikan kegunaannya positif bagi manusia. Sistem informasi membutuhkan orang yang tepat, sehingga para ahli sangat dibutuhkan untuk menjalan system informasi ini.


0 comments:

Post a Comment

Linkie ♥

Powered by Blogger.