Monday, November 11, 2019

MAKALAH "Lingkungan Organisasi"


BAB I
PEMBAHASAN

A.  Definisi Lingkungan Organisasi


Lingkungan organisasi adalah semua elemen di dalam maupun di luar organisasi yang dapat mempengaruhi sebagian atau keseluruhan suatu organisasi. Terdapat dua jenis klasifikasi lingkungan yakni lingkungan internal dan lingkungan eksternal.

Lingkungan internal yang berpengaruh langsung dalam organisasi meliputi karyawan/pegawai organisasi dalam, serta pimpinan manajer. Lingkungan eksternal dibagi dua yaitu yang berpengaruh langsung dan tidak langsung. Contoh lingkungan eksternal yang berpengaruh langsung adalah organisasi pesaing, pemasok komunitas lokal, konsumer, NGO dan lainnya.

Sedangkan untuk contoh lingkungan eksternal yang tidak berpengaruh langsung adalah kondisi politik, ekonomi dan sosial. Lingkungan secara umum yang harus dianalisis kekuatannya oleh manajer karena mempengaruhi pembuat keputusan dan perencanaan adalah kekuatan teknologi, ekonomi, demografi, sosial budaya serta politik dan hukum.





B.  Segmen – Segmen Lingkungan

Menurut Lubis, terdapat 9 segmen – segmen dalam lingkungan, yaitu sebagai berikut :
1.    Industri, mencakup seluruh organisasi lain yang bergerak di sektor yang sama dan merupakan saingan organisasi yang kita pelajari.
2.     Bahan baku, organisasi mendapat bahan baku dari liongkungannya.
3.     Tenaga kerja, perlunya mendapatkan tenaga kerja dengan tingkat keahlian, kualifikasi dan jumlah yang cukup.
4.     Keuangan, menggambarkan tingkat kemudahan untuk memperoleh sumber keuangan bagi organisasi
5.     Pasar, menggambarkan besarnya permintaan konsumen terhadap produk.
6.     Teknologi,teknik teknik yang digunakan untuk membuat produk atau jasa.
7.     Kondisi ekonomi, keadaan umum dari perekonomian di suatu daerah ataupun negara.
8.     Pemerintah, mencakup peraturan dan sistem pemerintahan serat sistem politik.
9.     Kebudayaan, karakteristik demografis dan sistem nilai yang berlaku pada masyarakat.

C.   Hubungan Lingkungan dan Organisasi
            Organisasi sangat dipengaruhi oleh lingkungan eksternal dimana dia berada sehingga mengharuskan manajer memperhatikan fenomena yang terjadi pada lingkungan organisasi. Pengaruh lingkungan tersebut sangat berbeda antara satu organisasi dan organisasi lainnya, bahkan antara satu divisi dengan divisi lainnya serta antara satu tingkatan yang lebih tingggi dengan tingkatan yang lebih rendah (Anton, 2011).
            Hubungan lingkungan dan organisasi dapat dillihat melalui model berdasarkan James D. Thomson yaitu adanya tingkat perubahan dan tingkat homogenitas. Tingkat perubahan  melihat sejauh mana stabilitas suatu lingkungan yang diukur dengan skala tingkat perubahan  stabil dan perubahan dinamis. Sedangkan tingkat homogenitas melihat sejauh mana kompleksitas lingkungan yang diukur dengan skala homogenitas sederhana dan homogenitas kompleks.
            Model berdasarkan James D. Thomson masing-masing matriks memiliki tingkat ketidakpastian yang berbeda-beda tergantung pada situasi dan kondisi tingkat homogenitas dan perubahan lingkungan  yang dihadapinya. Ketidakpastian tergantung pada jenis kegiatan yang  dilakukan. Ketidakpastian tinggi jika organisasi menghadapi perubahan lingkungan yang cepat dan elemen homogenitas  yang tinggi. Ketidakpastian moderat jika organisasi  menghadapi kombinasi perubahan  yang dinamis dengan elemen lingkungan yang  sederhana. Semakin besar ketidakpastian lingkungan yang dihadapi organisasi, maka semakin lingkungan itu membatasi pilihan-pilihan dan kebebasan para manajer. Strategi untuk menghadapi perubahan lingkungan dan ketidakpastian adalah melakukan penyesuaian terhadap perubahan lingkungan, melakukan pemantauan lingkungan secara tidak langsung, dan mempengaruhi lingkungan langsung.







PENUTUP

A.  Kesimpulan
Lingkungan organisasi adalah semua elemen di dalam maupun di luar organisasi yang dapat mempengaruhi sebagian atau keseluruhan suatu organisasi. Terdapat dua jenis klasifikasi lingkungan yakni lingkungan internal dan lingkungan eksternal.
Ada 9 segmen – segmen dalam lingkungan organisasi, yaitu:
1.      Industri
2.    Bahan baku
3.    Tenaga kerja
4.    Keuangan
5.    Pasar
6.    Teknologi
7.    Kondisi ekonomi
8.    Pemerintah
9.    Kebudayaan















DAFTAR PUSTAKA




0 comments:

Post a Comment

Linkie ♥

Powered by Blogger.